Tuesday, December 25, 2012

Cara Koneksi Java Netbeans Ke Database MySQL

       Dalam tulisan saya kali ini, saya akan memberitahu anda Cara Mengkonesikan Java dengan IDE netbeans ke Database MySQL. kali ini yang anda butuh kan pada koneksi java adalah java connector. Jika anda belum memiliki Java Connector silahkan Download Java Conncetor. Jika anda sudah mempunyai Java Connector sekarang kita mulai eksekusinya.Pertama buka Netbeans dan Klik File>New Projact. Pilih java lalu pilih Java Application lalu klik next dan isi nama projectnya lalu klik finish. Maka akan tampil seperti di bawah ini:

Nama project saya adalah Java Application5. Okay langsung saja kita konekan databasenya.klik kanan pada Libraries pada project anda lalu pilih Add JAR/Folder. Lebih jelasnya seperti di bawah ini:

Lalu pilih mysql connctor , setelah itu klik open.Lalu lihat perubahan pada Libraries tersebut:


Separuh perjalanan telah kita lewati sekarang tinggal kita koneksikan saja. Oh... Iya saya hampir lupa kita buat databasenya dulu. Disini saya membuat database dengan nama koneksi dan saya buat menggunakan phpmyadmin dengan nama tabel tabelku dan strukturnya sebagai berikut:



Setelah anda membuat databasenya sekarang kembali ke netbeansnya. Sekarang kita akan mengkoneksikan. Pilih tab Services lalu klik kanan pada Databases dan pilih new connection atau detailnya seperti di bawah ini:


Maka akan tampil form seperti di bawah ini:


Lalu pada driver pilih MySQL(Connector/J driver). Pada Driver File tambahkan mysql connector. Jika sudah ada langsung klik next. Dan akan tampil form seperti di bawah dan perhatikan:




Isi Database dengan nama database yang anda buat lalu user name dan password nya. Isi sesuai username dan password anda. Jika anda ingin mengingat passoword centang Remember password . Setelah itu klik Test Connection. Jika sukses maka akan tampil seperti di bawah ini:



Itu berarti koneksi yang anda buat telah sukses.Sekian dan terima kasih,Semoga dapat bermanfaat.




No comments:

Post a Comment