Cara Membaca Tab Gitar
TAB Gitar.
TAB adalah mudah untuk dibaca dan harus mudah untuk ditulis jika
anda ingin
mengirimkan (submit) sebuah lagu yang telah anda kerjakan sendiri.
Idenya
adalah ini:
Mulai dengan 6 baris (atau empat untuk bass). Ini berhubungan dengan
senar-senar
dari instrumennya. Garis yang paling atas adalah string yang paling
tinggi. dan
garis yang dibawahnya adalah string yang lebih rendah. Dibawah ini
adalah bit
kosong dari TAB dengan nama string pada bagian kiri.
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
dengan tangan kiri. Bila sebuah nol muncul, artinya mainkan dengan
string
terbuka. Seperti notasi standar musik, baca dari kiri ke kanan untuk
mengetahui
urutan note yang harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai
arti
memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian bawah senar E
dengan
menggerakkan fret secara berurutan, dimulai dengan string terbuka.
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0–1–2–3–4–5———————————————
OK sampai saat ini ?
Berikut adalah note yang dimainkan secara bersamaan. Jika dua atau
lebih note
akan dimainkan bersamaan, mereka dituliskan diatas satu sama
lainnya, sekali
lagi seperti notasi standar.
Contoh berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.
E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————
Jadi ini artinya mainkan semua note tersebut secara bersamaan
sebagai kord.
Terkadang juga terlihat kord yang sama dituliskan seperti ini :
E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-
Yang berarti bunyikan dengan bentuk yang sama dimulai dari string
terendah, jadi
berarti setiap string dibunyikan segera setelah string terakhir,
tetapi semua
notasi akan berbunyi bersamaan. Dibawah ini ada sebuah contoh lagi
dengan bentuk
yang sama, tetapi dengan jarak yang sedikit lebih besar – sehingga
anda mungkin
harus memetik string tersebut secara terpisah daripada membunyikannya
secara
perlahan.
E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–
Anda mungkin menanyakan
- Bagaimana saya tahu seberapa cepat atau lambat untuk memainkannya
?
- Apakah semua notasi seharusnya mempunyai panjang yang sama ?
Disinilah perbedaan TAB dari notasi standar. Kebanyakan dari TAB
*tidak* akan
memberitahukan panjangnya note. Biasanya itu tergantung dari anda
untuk
mendengarkan lagu tersebut untuk mendapatkan iramanya.
Bagaimanapun – jangan kecewa. TAB harus bisa memberikan indikasi
dari waktu
tersebut. Pada contoh di atas semua note dipisahkan dengan jarak
yang sama
sehingga anda bisa membuat asumsi bahwa note tersebut mempunyai
jarak yang sama
(mungkin semua seperdelapan note atau seperempat) tapi ini tidak
selamanya
benar – itu tergantung dari siapa yang menuliskan TAB tersebut.
Sebagai aturan umum, jarak dari note pada TAB seharusnya
memberitahukan anda
note mana yang panjang dan mana yang pendek dan yang cepat, tapi
biasanya tidak
akan memberitahukan anda jika sebuah note adalah sebuah triplet atau
lainnya
yang seperti itu. Sekali lagi, ini akan sangat tergantung dengan
siapa yang
menuliskan TAB tersebut.
Sebagai contoh, ini adalah beberapa note dari Lagu Nasional Amerika
dalam TAB.
Anda tentu dapat melihat jelas bahwa perbedaan jarak tergantung dari
panjang
note.
E———————–0——–4–2-0————————–
B—0————–0———————————0———–
G——1——1—————————-1—-3—————-
D——–2——————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Biasanya akan lebih mudah untuk memainkan TAB dari lagu yang sudah
anda kenal
baik daripada lagu yang belum pernah anda dengar karena akan lebih
terbiasa
dengan irama dari lagu yang sudah dikenal.
Simbol lainnya yang digunakan di dalam TAB.
Sejauh ini saya telah melihat note mana yang harus dimainkan : senar
mana yang
harus ditekan, dan di kolom mana. Saya telah menyinggung bagaimana
mengetahui
panjang note dengan melihat jarak antara note pada TAB, tapi ini
hanya bisa
sebagai panduan kasarnya. Anda akan harus selalu memeriksanya dengan
trak lagu
aslinya untuk mendapatkan ditail dari iramanya.
Banyak dari informasi penting dapat dimasukkan ke dalam bagian TAB.
Ini termasuk
hammer-ons (pukul), pulls offs (melepaskan), slides (geser), bends,
vibrato dan
lainnya.
Yang harus dilakukan adalah menuliskan karakter tambahan atau simbol
antara note
untuk mengindikasikan bagaimana cara memainkannya. Dibawah ini
adalah karakter/simbol
yang sering digunakan:
h – hammer on
p – pull off
b – bend string up
r – lepas bend
/ – geser ke atas
\ – geser ke bawah
v – vibrato (kadang dituliskan ~)
t – tap dengan tangan kanan
x – mainkan ‘note’ dengan damping yang berat
Untuk slides (penggeseran), s terkadang digunakan untuk
mengindikasikan apakah
menggeser ke atas atau ke bawah. Simbol untuk harmonics dijelaskan
dibawah pada
bagian 3.2
Yang terakhir, x, digunakan untuk mendapatakan choppy, suara
perkusi.
Anda biasanya menggunakan tangan fret untuk damp ringan senar
sehingga ketika
akan membunyikan note tersebut seakan-akan suaranya mati.
Catatan bahwa penggunaan ‘x’ *sangat* berbeda dari penggunaan ‘x’
saat memberikan
bentuk kord.
Sebagai contoh jika dituliskan kord D, maka akan terlilhat :
EADGBE
xx0232
Dimana ‘x’ berarti tidak dimainkan.
Pada tab diasumsikan bahwa sebuah string tidak dimainkan jika tidak
ditandai.
Sehingga kord yang sama pada tab akan seperti :
E—–2———————————————————–
B—–3———————————————————–
G—–2———————————————————–
D—–0———————————————————–
A—————————————————————-
E—————————————————————-
tanpa ‘x’. ‘x’ hanya digunakan pada TAB untuk merepresentasikan mute
senar yang
berat yang dibunyikan/dipetik untuk meberikan suara perkusi.
Ada beberapa dari simbol lainnya untuk hal-hal seperti whammy bar
bends,
petikan scrapes dan lainnya. Sepertinya tidak ada standar penulisan
sebagai
acuan untuk menuliskannya – ditail/keterangan harus diberikan di
dalam TAB
untuk menjelaskan arti dari simbol tersebut.
TAB Bass kemungkinan akan membutuhkan beberapa ekstra simbol untuk
memenuhi
kebutuhan atas perbedaan tehknik yang dipakai dalam memainkan bass –
sebagai
contoh slapping dan ‘popping’ senar dengan jari jempol atau jari
tengah.
Anda bisa menggunakan ‘s’ untuk slap dan ‘p’ untuk pop selama
dituliskan
*dibawah* baris tab untuk menjelaskannya dari slide dan pull off
yang seharusnya
dituliskan *di atas* garis dari tab.
HAMMER ONS DAN PULL OFFS.
Dengan hammer-ons dan pull-offs anda mungkin menemukannya seperti
hal berikut :
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A———5h7———–5h7————————————–
E—0–0———-0–0——————————————-
yang berarti memainkan E terbuka dua kali, lalu tekan senar A pada
kolom 5 dan
hammer pada kolom 7.
Pull offs terlihat sangat sama :
E—-3p0————————————————————
B———3p0——————————————————-
G————–2p0————————————————–
D——————-2———————————————
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Disini didapatkan descending bluse dengan skala menggunakan
pull-offs terhadap
string terbuka. Untuk setiap pull off hanya mengambil note pertama
dari pasangan
dengan tangan kanan – sehingga pada contoh ini hanya mengambil semua
note pada
kolom ke 3 dan ke 2, dan senar buka akan dibunyikan dengan
melepaskan.
Karena senar diberikan bit tambahan dengan energi saat hammer on dan
pull off, anda
anya perlu membunyikan note pertama dengan menggunakan tangan pick.
Anda juga bisa
mendapatkan senar yang panjang dengan hammer-ons dan pull-offs
seperti dibawah :
E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—2h4p2h4p2h4p2h4p2h4p2—————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Dalam kasus ini anda hanya perlu membunyikan note pertama.
Catatan – Anda mungkin akan mendapatkan simbol lainnya yang
digunakan untuk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh ^ dapat digunakan untuk
mengartikan
hammer-on dan pull-off.
contoh :
G—2^4^2—-
yang berart “bunyikan note pada kolom ke dua, hammer-on ke kolom 4
dan pull-off
ke kolom 2″. Akan menjadi mudah jika semua
orang menggunakan simbol yang sama,
jadi kecuali anda mempunyai keberatan yang kuat terhadap ‘h’ dan ‘p’
tolong
gunakan itu. Dalam hal lain, untuk setiap tab yang dikirimkan harus
selalu
menerangkan simbol yang digunakan sehingga jika menggunakan apapun
‘di luar
kebisaan’ pastikan untuk menjelaskan maksudnya.
Bends.
Ketika bends terlibat anda harus mengetahui seberapa banyak yang
harus di bend
note tersebut. Ini dapat diketahui dengan menuliskan jumlah setelah
‘b’.
Sebagai contoh, jika anda melihat ini :
E—————————————————————-
B——7b9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
berarti bunyikan senar B pada kolom ke 7, lalu bend note ke atas dua
semi tone
(satu langkah sekaligus) sehingga berbunyi pitch sama seperti bunyi
note pada
kolom 9. (Terkadang bend dituliskan pada bagian ke dua di dalam
tanda kurung,
seperti ini —7b(9)— )
Sesuatu seperti ini :
E—————————————————————-
B——7b9–9r7————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
berarti mainkan note pada kolom 7, bend ke atas dua semi tone,
bunyikan note
lagi ketika sedang bend, kemudian lepaskan bend sehingga note
tersebut kembali
normal.
Terkadang pre-bend digunakan – ini dimana senar di bend *sebelum*
note dibunyikan.
Setelah note dibunyikan, bend dilepaskan. Pre-bends biasanya
dituliskan sebagai
berikut :
E—————————————————————-
B——(7)b9r7—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
Berarti: fret note tersebut pada kolom ke 7 dan bend senar ke atas
dua semitones
(tanpa membunyikan nite). Kemudian bunyikan senar tersebut dan
lepaskan bend.
Terkadang ditenukan note yang di bent ke atas hanya seperempat dari
tone dan
sebagainya. Dalam hal ini akan terlihat sedikit aneh :
B——–7b7.5——–
jika anda harus bend keatas setengah fret nilainya.
Tuliskan sebagai berikut :
bend up 1/4 tone
E—————————————————————-
B——7b——————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
dengan instruksi mengenai seberapa banyak bend dituliskan diatas
note.
Slides.
Simbol yang paling sering digunakan adalah / untuk slide ke atas dan
\ untuk
slide ke bawah.
Terkadang juga terlihat ‘s’ digunakan untuk slide.
Anda tidak harus membutuhkan simbol terpisah untuk slide ‘atas’ dan
‘bawah’
dikarenakan pembacaan baris TAB :
E—————————————————————-
B——7/9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
terlihat jelas sebuah slide *ke atas* dari kolom 7 ke kolom 9.
Bagaimanapun
terkadang dijumpai hal seperti berikut :
E—————————————————————-
B——/7-9-7\—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
dimana slide awal dan akhir tidak jelas diberikan. Di sini anda
harus mengetahui
apakah anda slide ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini gunakan
keputusan anda
untuk memilih awal atau akhir kolomnya.
Anda juga dapat mempunyai sekumpulan seri dari slide secara
bersamaan, seperti ini
E—————————————————————-
B——7/9/11——————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-
yang berarti anda hanya membunyikan note yang pertama menggunakan
sustain
untuk menghasilkan note lainnya.
Terima kasih telah membaca,smoga bermanfaat yach., :-)
No comments:
Post a Comment